Jumat, 21 Oktober 2016

WAJIK KETAN GULA MERAH


Bahan-bahan yang di perlukan:
1 liter beras ketan putih
650 ml santan kelapa kental
1 liter air panas
3 lembar daun pandan
90-105 gram gula pasir putih
1 kg gula merah ( disisir halus )
1 sendok teh garam halus

Cara Membuat Wajik Ketan :
Langkah pertama adalah cuci beras ketan yang sudah dipersiapkan sampai benar benar bersih. Cara mencucinya seperti mencuci beras untuk memasak nasi pada umumnya.
Siapkan kukusan dengan api sedang dan beri air secukupnya. Masukkan beras ketan yang sudah dicuci diatas kedalamnya dan kukus sampai setengah matang atau kurang lebih membutuhkan waktu sekitar 22-30 menit lalu angkat dari kompor (tergantung banyaknya beras yang dipakai, dandang kukusan, api kompor dan air yang digunakan). Sesekali percikan air di atas beras ketan supaya tidak kering dan kelembabannya terjaga.
Ambil panci buat rebusan yang ukurannya agak besar dan hidupkan dengan api sedang.
Masukkan santan yang sudah dipersiapkan diatas dan gula pasir nya. Aduk aduk sampai gula pasir larut sempurna.
Masukkan gula jawa yang sudah disisir halus lalu aduk aduk lagi sampai gula merah larut.
Karena biasanya gula merah itu mengeluarkan kotoran, setelah gula merah larut maka angkat dulu lalu saring sampai bersih. Baru kemudian direbus lagi dengan api sedang.
Masukkan daun pandan yang sudah dicuci bersih sebelumnya. Sebaiknya daun pandan dibuat simpul atau diikat terlebih dahulu supaya mudah dimasukkan ke dalam panci. Aduk aduk kembali sampai campuran santan dengan bahan lainnya ini kelihatan berminyak dan kental.
Ambil beras ketan yang sudah dikukus tadi dan tuang sedikit demi sedikit ke dalam adonan santan diatas.
Tetap diaduk aduk supaya beras ketan dan bahan lainnya tercampur sempurna dan larutannya kelihatan berkurang dan beras ketannya matang.
Siapkan loyang atau wadah cetakan plastik lainnya juga boleh.
Ambil daun pisang yang sudah dibersihkan terlebih dahulu dan tarus sebagai alas di cetakannya. Beri dan lapisi dengan sedikit minyak supaya tidak lengket. Tuang adonan kue wajik yang sudah matang diatas ke dalamnya lalu ratakan. Sumber : FB.com/dapurEmak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar